Daftar Harga Printer Inkjet Murah Harga PM

Printer inkjet merupakan jenis printer yang cukup populer digunakan hingga saat ini. menurut Wikipedia sendiri, printer inkjet ini sudah mulai dikembangkan pada era 1950 – an untuk menggantikan peran dari printer dot matrix.  Namun demikian, penggunaan dari printer inkjet ini mulai populer pada era 90-an hingga 2000an, dimana mulai banyak user yang beralih dari printer dot matrix ke printer inkjet ini.

Sesuai dengan namanya, printer inkjet ini merupakan jenis printer yang bekerja menggunakan tinta / ink, dimana printer sebelumnya yaitu printer dot matrix masih bekerja dengan menggunakan sistem pita seperti layaknya mesin ketik biasa. Printer inkjet ini menggunakan tinta dengan sistem warna CMYK atau Cyan Magenta, Yellow, Key (hitam) yang ditempatkan pada cartridge yang digunakan pada printer inkjet ini.

Kebanyakan printer inkjet mengusung teknologi mencetak dengan warna, dan banyak juga yang menyediakan fasilitas mencetak menggunakan sistem black and white, alias menggunakan tinta hitam saja. Saat ini, penggunaan printer inkjet hampir berlaku universal, karena hampir setiap user yang membutuhkan pencetakan dokumen, menggunakan printer inkjet ini, dibandingkan jarus menggunakan printer berbasis dot matrix.

Jenis tinta pada printer ink jet

1. Tinta printer Dye Based

Tinta printer Dye BasedJenis tinta pada printer inkjet yang pertama adalah tinta dengan jenis dye based ink. Jenis tinta ini merupakan tinta yang umum digunakan pada berbagai macam printer inkjet. Tinta ini merupakan tinta yang memiliki komposisi atas campuran air dan juga pewarna.

Pencampuran antara air dan juga pewarna ini membuat tinta ini bersifat cair. Untuk mendapatkan warna pada tinta ini, maka digunakanlah colourant, yang merupakan pewarna yang mampu menyatu dengan air sebagai base nya.

Tinta printer jenis dye based ini memiliki banyak kelebihan, antara lain harganya yang ekonomis dan juga murah, warnanya yang dihasilkan cenderung cerah dan juga baik, serta mampu untuk mengurangi terjadinya proses pengendapan pada cartridge.

Namun demikian, tinta jenis dye base ini juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain adalah hasil cetakannya yang mudah mengalami kelunturan ketika terkena air.

2. Tinta Printer Durabrite atau Pigment

Tinta Printer Durabrite atau PigmentJenis tinta printer yang bisa digunakan berikutnya adalah jenis tinta printer durabrite atau sering dikenal dengan nama pigment ink. Tinta ini menggunakan bahan campuran berupa air, diluent, colorant pigment dan juga beberapa campuran bahan lainnya.

Dengan menggunakan pewarnaan yagn berbahan dasar pigment, maka hal ini membaut tinta jenis durabrite atau pigment ini mampu menghasilkan warna cetakan yagn jauh lebih tajam dan juga pekat, dan juga hasil tinta ini jauh lebih tahan air.

Selain itu, tinta jenis pigment ini cocok untuk digunakan di berbagai macam media cetak, serta tahan akan cahaya matahari dan tidak mudah menjadi pudar warnanya akibat sinar matahari.

3. Tinta Printer Sublimation Ink

Tinta Printer Sublimation InkBerbeda dengan tinta lainnya yang menggunakan bahan dasar air, maka tinta sublimation ink ini menggunakan bahan dasar berupa minyak. Tambahannya pun sama, yaitu menggunakan diluent dan juga pewarna lainnya.

Tinta printer ini memang merupakan jenis tinta yang bisa digunakan untuk printer inkjet, namun demikian kebanyakan tinta ini digunakan untuk kepentingan khusus, misalnya saja untuk melakukan proses pencetakan pada media tekstil, misalnya sablon pada kaos dan juga kemeja.

Tinta printer ini memiliki ketahanan warna yang sangat lama dibandingkan dengan jenis printer sebelumnya, karena tinta ini mengandung minyak, diluet, pewarna, dan zat-zat lainnya.

4. Tinta Printer Pigment Art Paper Ink

Tinta Printer Pigment Art Paper InkTinta ini merupakan jenis tinta pigment yang digunakan untuk kepentingan pencetakan menggunakan media cetak berupa jenis art paper. Art paper merupakan jenis kertas yang digunakan khusus untuk kepentingan dekorasi dan juga hiasan, misalnya saja untuk pembuatan poster, label CD, sticker, dan juga jenis kertas lainnya, yang bukan merupakan jenis kertas cetak konvensional.

Tinta jenis ini dapat memberikan warna yagn sangat cerah dan juga tajam, sama seperti jenis tinta pigment pada umumnya. Selain itu, tinta jenis ini pun lebih tahan matahari, sehingga cocok untuk kepentingan print atau cetak poster yang akan diletakkan di luar, misalnya di majalah dinding ataupun papan pengumuman.

5. Tinta Printer Solvent

Tinta Printer SolventTinta printer berikutnya yang bisa digunakan pada jenis printer inkjet adalah tinta printer dengan jenis solvent. Tinta printer dengan jenis solvent ini merupakan tinta printer yang menggunakan bahan dasar pewarna sejenis cat duco, yang biasa digunakan sebagai cat tembok ataupun car pada kendaraan.

Jenis tinta ini memiliki ketahanan yang kuat, dan juga warna yagn cerah, sehingga banyak digunakan untuk pembuatan cetak outdoor, seperti spanduk, banner, neon box, dan juga berbagai macam jenis pencetakan outdoor lainnya.

Meski demikian, tinta ini memang tidak didesain untuk mencetak pada printer inkjet yang berukuran kecil. Kebanyakan tnta ini digunakan pada printer inkjet besar, misalnya saja printer dengan jenis plotter.

6. Tinta Printer Eco Solvent

Tinta Printer Eco SolventTinta pinter Eco Solvent adalah versi mini dari tinta printer solvent. Memilikik ketahanan warna yagn hampir sama, namun tinta printer eco solvent ini lebih memiliki kualitas yang dibawah tinta solvent.

Kebanyakan tinta eco solvent ini banyak digunakan untuk kepentingan percetakan indoor ataupun outdoor, namun dalam ukuran yang besar, menggunakan mesin cetak plotter.

Warna yang mudah meresap dengan sempurna dan mudah kering, serta warna yang tahan lama. Contohnya saja dalam pembuatan spanduk atau banner baik dalam ruangan ataupun luar ruangan.

Keunggulan yang ada pada printer eco solvent adalah ramah lingkungan, bau yang tidak menyengat, kualitas warna yang sempurna, hasil cetakan halus dengan warna yang sangat tajam.

Cara Kerja Printer Inkjet

Dalam bekerja, printer inkjet ini sebenarnya memiliki proses yang sederhan dan juga tidak rumit. Tidak seperti printer dot matrix yang bekerja dengan cara mengetuk – ngetuk pita, sehingga dapat menimbulkan bekas cetakan pada kertas, printer inkjet ini bekerja dengan cara menyemprotkan tinta yang ada di dalam cartridge ke dalam media cetak, seperti kertas. Kira – kira, cara kerja dari printer inkjet ini adalah sebagai berikut :

  • Ketika kita akan melakukan pencetakan dokumen dari komputer, baik tulisan maupun gambar, maka driver dari printer inkjet ini akan menerima dan mengollah informasi yang ada, lalu mengirimkannya ke unit printer.
  • Unit printer yang sudah menerima perintah melalui drivernya, kemudian akan bergerak sesuai dengan apa yang diperintahkan.
  • Pada saat bekerja, cartridge pada printer inkjet ini akan menyemprotkan tinta yang disimpan di dalam cartridge, selema sepersekian detik, untuk memunculkan karakter yang akan dicetak
  • Proses ini akan terus berulang selama proses mencetak masih terus berlangsung.
  • Ketika printer inkjet berada dalam keadaan idle atau standbye, printer inkjet kebanyakan akan melakukan self cleaning, yaitu dengan cara melakuakn pembersihan pada bagian cartridge, sehingga hal in idapat memungkinkan tinta agara tidak menyumbat dan juga mengering pada bagian cartridge, yang dapat menghambat proses pencetakan dari printer tersebut.

Kelebihan dari printer ink jet

Printer inkjet sendiri termasuk ke dalam jenis printer yang populer dan juga banyak digunakan. Hal ini tentu saja disebabkan karena jenis printer inkjet ini memiliki banyak kelebihan. Apa saja kelebihan dari printer inkjet ini? berikut ini adalah beberapa kelebihan dari printer inkjet :

  • Kemapuan mencetak yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan printer dot matrix

Printer inkjet mampu mencetak jauh lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan printer dot matrix. Printer dot matrix hanya mampu mencetak sebanyak 500 cpm atau 500 characters per minute, sedangkan kemampuan dari printer inkjet jauh lebih dari itu, sheingga dalam satu menit, anda bisa mencetak lebih dari 5 lembar kertas.

  • Perawatan yang lebih mudah

Perawatan pada printer inkjet cenderung mudah, apalagi ketika dibandingkan degnan printer laser. Printer laser tidak mampu untuk mengerjakan tugas mencetak dalam jangka waktu yang lama, dan terus menerus, karena akan cepat panas. sedangkan printer inkjet ini tidak. Sehingga dari segi penggunaan dan juga perawatan, printer dengan jenis inkjet ini tentu saja akan jauh lebih efisien perawatannya.

  • Bobot printer yang lebih ringan

Apakah anda sudah pernah mengangkat printer dot matrix? Sangat berat bukan? Bandingkan degnan bobot dari printer inkjet ini yang sangat ringan. Hal ini akan memudahkan anda dalam menyimpan dan juga meletakkan printer inkjet, serta mudah juga dalam memindahkan printer inkjet anda ke tempat yang anda inginkan, tanpa repot – repot mengangkat beban yang sangat berat.

  • Support berbagai macam sistem operasi

Printer inkjet adalah salah satu jenis printer yang bsia digunakan di berbagai macam sistem operasi. Mulai dari Windows, Mac OS, Linux, dan juga berbagai macam sistem operasi lainnya hampr 99.99% cocok dan juga kompatibel dengan berbagai macam merk dan juga jenis dari printer inkjet.

  •  Menggunakan konektor universal, yatu menggunakan USB

Printer inkjet menggunakan konektor bawaan yang memang sudah universal, yaitu menggunakan port USB, yang sudah menjadi salah satu port standar pada tiap komputer. Hal ini semakin membaut penggunaan dari printer inkjet ini menjadi semakin mudah dan juga tidak terbatas pada komputer – komputer tertentu saja.

  • Simple dan juga muda digunakan

Printer inkjet adalah salah satu jenis printer yang cenderung simple dan juga sangat mudah dalam penggunaannya. Anda tidak perlu repot – repot memperbaiki pita, ataupun pusing karena mendengar suara printer yang berisik apabila menggunakan printer inkjet ini.

  •  Dapat melakukan pencetakan foto dan juga gambar

Cetak foto dan juga gambar pun menjadi lebih mudah dengan menggunakan printer inkjet, hal ini tentu saja disebabkan karena pilihan tinta yang beragam dari printer inkjet ini, sehingga mampu menghasilkan warna yang sesuai degnan keinginan usernya.

Kekurangan printer ink jet

Meskipun memiliki banyak kelebihan dan juga populer, namun printer inkjet ini juga memiliki beberapa kelemahan dan juga kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dan juga kekurangan dari printer inkjet :

  • Harga cartridge yang mahal
  • Penggunaan infus atau suntik tinta yang berpotensi menyebabkan kebocoran tinta
  • Penggunaan jenis tinta yang tidak tepa membuat tinta menjadi melebar dan mudah luntur

Menampilkan Produk 10 of 73

View

Harga Printer HP Officejet 4355

Printer HP Officejet 4355 merupakan printer yang cukup unik, karena terintregasi langsung dengan telephone kabel. Untuk kinerjanya tergolong sedang, namun tetap sempurna untuk printer jenis lama ini. Spesifikasi Integrated telephone handset. 20-sheet automatic document feeder printing/copying at up to 20 ppm black, 14 ppm colour 33.6 Kbps modem Junk-fax barrier; 200 page fax memory 1200...View more

from Rp200,000.00

5 retailers

Harga Printer Canon mp258

Printer Canon mp258 akan memberikan anda pengalaman yang mengesankan hasil cetakan dengan kerapatan tinggi sehingga terlihat sempurna. Printer ini juga dilengkapi dengan kemampuan Print, Scan maupun Copy. Spesifikasi Print Speed approx. 7.0ipm B & W / approx. 4.8ipm Color / approx. 56secs. Phot 4800 x 1200dpi (max.) Copy Speed approx. 6.3ipm B & W / approx. 2.7ipm...View more

from Rp210,000.00

5 retailers

Harga Printer Canon Pixma iP2870 Inkjet

Printer Canon Pixma iP2870 Inkjet dengan hasil cetak teks maupun warna yang memuaskan, sangat cocok untuk anda gunakan menyelesaikan berbagai kebutuhan percetakan anda. Spesifikasi Maximum Printing Resolution : 4800 (horizontal)*1 x 600 (vertical) dpi Print Speed*2 Based on ISO / IEC 24734. Conditions Document : Col ESAT / Simplex approx. 4.0ipm Document : B /...View more

from Rp210,000.00

8 retailers

Harga Printer HP Deskjet Ink K209

Printer HP Deskjet Ink K209 menawarkan kecepatan cetak hingga 9 halaman per menit dan dokumen warna hingga 3 halaman per menit. Menggunakan teknologi Thermal Inkjet ini, resolusi cetaknya 600 x 300 dpi untuk pencetakan hitam. Sedangkanpencetakan warna resolusi mencapai 4800 x 100 dalam mode pencetakan foto. Spesifikasi Multifungsi (All-in-one) Up to 4800  x 1200 dpi (color) Up to...View more

from Rp215,000.00

5 retailers

Harga Printer HP Deskjet 2050

Printer HP Deskjet 2050 dengan kecepatan 20ppm dan didukung daya tahan yang tinggi di cuaca ekstrim. Selain itu juga sangat hemat energi hanya menggunakan 10 watt saat aktif. Spesifikasi Ukuran (L x W x H cm) 42.7 x 47 x 24.9 cm 4800 x 1200 dpi Tinta Fine CartridgeView more

from Rp250,000.00

5 retailers

Harga Printer Samsung ML-2010

Printer Samsung ML-2010 dengan kecepatan cetak 22ppm (kertas ukuran Letter) dan halaman pertama muncul kurang dari 10 detik, Anda tentu tau betapa cepatnya printer ini. Spesifikasi Kecepatan(Mono) Up to 20 ppm in A4 (22 ppm in Letter) Waktu Pencetakan Pertama (Mono) 10 seconds (from Ready) Resolution Up to 1,200 x 600 dpi effective outputView more

from Rp300,000.00

6 retailers

Harga Printer Canon PIXMA iP2770

Printer Canon PIXMA iP2770 menggabungkan kehandalan kualitas dan kecepatan untuk mencetak foto dengan mudah di rumah. Dilengkapi dengan resolusi tinggi 4800 x 1200 dpi dan Chromalife 100+ menjadikan  cetakan teks dokumen sangat jelas dan tajam dengan hasil warna tahan lama. Media: A4, Letter dan lebih Mencetak foto borderless 4 x 6″ dalam 55 detik. Model Printer Inkjet Ukuran (L x W...View more

from Rp300,000.00

6 retailers

Harga Printer Epson L100

Printer Epson L100 menggunakan tinta ink yang sangat mudah dalam mengisi ulang, karena tabungnya terdapat diluar. Kecepatan dalam mencetak lumayan tinggi, sehingga menghemat waktu anda. Spesifikasi 5760×1440 dpi (with Variable S-zes Droplet Technology) USB – Compatible with USB 2.0 Specification Black Text Memo (A4) Approx. 27 ppm (Draft) Colour Text Memo (A4) Approx. 15 ppm...View more

from Rp375,000.00

8 retailers

Harga HP Printer Deskjet 1010 – Putih

HP Printer Deskjet 1010 – Putih memiliki kelebihan dalam kecepatan mencetak halaman, meskipun pencetakannya cepat namun kualitas hasilnya tetap terjaga. Selain kecepatannya, printer ini juga menerapkan teknologi yang hemat energi. Spesifikasi Model D1010 Ukuran (cm) 42,1 x 38 x 26,6 Garansi Resmi 1 Tahun Berat (kg) 4 Resolusi 4800 x 1200 optimized dpi Daya Listrik...View more

from Rp380,000.00

7 retailers

Harga Printer HP Deskjet Ink Advantage 1510 Putih

Printer HP Deskjet Ink Advantage 1510 Putih mempunyai fungsi lengkap selain print dapat digunakan untuk scan maupun copy dokumen. Printer ini juga memiliki daya tahan yang lumayan bagus dalam berbagai kondisi. Dengan harga yang tergolong murah sesuai dengan kantong masyarakat indonesia. Spesifikasi : Warna : putih Model : Deskjet Ink Advantage 1510 Ukuran (cm) : 43...View more

from Rp490,000.00

6 retailers
1 2 3 8