754 Harga Printer Dot Matrix Termurah - Harga PM

 

Apabila kita artikan langsung, maka dot matrix bisa kita artikan sebagai matriks dari titik – titik. Hal ini mengacu pada hasil cetakan printer, dimana tiap karakter dan juga hasil cetakan printer merupaakn sebuah matrix yang dihubungkan antar titik – titik atau dot.

Apabila kita lihar secara teliti dan juga seksama, maka kita akan menemukan, bahwa misalnya huruf atau karakter A yang dicetak menggunakan printer ini, terdiri dari beberapa titik atau dot yang saling dihubungkan. Inilah yang disebut matrix (matriks). Karena itu, printer jenis ini pun pada akhirnya diperkenalkan sebagai printer dot matrix.

Sejarah Printer Dot Matrix

Jenis printer dot matrix ini bisa dibilang sebagai salah satu jeis printer komputer pertama, dan juga pronter komputer tertua. Kira – kira printer jenis dot matrix ini diciptakan dan juga dikembangkan pada era 1960 – an, untuk kepentingan pencetakan dokumen.

Printer dot matrix ini tak ubahnya merupakan sebuah mesin tik, karena memiliki cara kerja yag sama persis degnan mesin tik, yang berbeda hanyalah bagian pengolah kata atau word processornya saja, apabila mesin tik menggunakan pengetikan mekanik manual, maka printer dot matrix menggunakan pengetikan secara komputerissasi.

Cara kerja dari printer dot matrix

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, printer dot matrix ini bekerja seperti dengan mesin tik, dimana cartridge pada pronter dot matrix ini bertugas sebagai alat yang “mengetuk” bagian pita karbon yang disematkan ke dalam unit prnter.

Ketka anda memerintahkan komputer untuk mencetak dokumen, maka cartridge ini akan bekerja dengan cara bergerak ke kiri dan kanan, sembari melakukan pengetukan pada pita karbon, sehingga nantinya carbon yang ada pada pita tersebut akan tercetak pada kertas atau media cetak yang digunakan. Cara kerja ini cukup sederhana, apabila kita bandingkan degnan printer laser dan juga ink jet, yang membutuhkan komponen chip khusus agar bisa melakukan pencetakan sesuai dengan apa yang ada di dalam komputer.

Kelebihan dari Printer Dot matrix

Meskipun merupakan salah satu printer klasik dan dikembangkan sejak era 60 an, dan hingga kini tidak mengalami inovasi – inovasi baru, namun demikian, printer dot matrix ini masih dijual, diproduksi dan juga digunakan oleh banyak kalangan, salah satunya adalah marketing dan juga perkantoran. Hal ini disebabkan karena printer dot matrix ini memilki beberapa kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari printer dot matrix :

1. Mampu mencetak rangkap, karena menggunakan prinsip ketukan, yagn bisa “menembus” kertas

Kelebihan pertama dari jenis printer dot matrix ini adalah kemampuannya dalam mencetak rangkap. Hal ini disebbakan karena cara kerja dari printer dot matrix ini yang mencetak dengan cara mengetuk, dan juga penggunaan tinta karbon. Hal ini membuat hasil cetakan mampu untuk menembus kertas yang tipis, sebanyak dua hingga 3 rangkap sekaligus. Penggunaan seperti ini biasanya dilakukan untuk kebutuhan pencetakan nomor resi, bon, faktur jual beli, nota dan sebagainya, yang membutuhkan cetakan beberapa rangkap. Biasanya digunaan di bagian kasir dan juga bagian keuangan.

2. Harga pita karbon yang relative lebih murah

Apabila kita membandingkan dengan harga toner dan juga tinta, maka dapat dipastikan 100%, harga untuk pita karbon ini jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan tinta dan juga toner. Anda tidak perlu khawatir apabila pita pada printer ini mengalami kerusakan, ataupun sudah habis, karena adna tidak perlu membeli tinta yang harganya mahal.

Selain itu,resiku hasil cetakan yang luntur serta kebocoran tinta ataupun toner pun tidak akan ad, sehinga anda bisa mencetak dokumen dengan aman dan juga nyaman, tanpa harus mengalami ketumpahan tinta, seperti yagn sering terjadi pada penggunaan desk jet.

3. Ekonomis dalam penggunaannya

Apabila dihitung dari segi ekonomi, maka printer dot matrix ini tentu saja tergolong ekonomis. Perawatannya yang mudah, harga pita yang rendah, serta kemampuan cetaknya yagn bisa mencetak beberapa rangkap tentu saja membuat brinter ini sangat cocok untuk digunakan dalam kebutuhan bisnis.

Karena itulah, meskipun saat ini sudah ada printer yag mampu mencetak dengan cepat, seperti laser jet, dan juga thermal printer, namun printer dot matrix ini masih saja menjadi pilihan untuk kepentingan mendcetak dokumen, terutama dokumen rangkap.

4. Bisa mencetak kertas berukuran lebar (seperti continuous form)

Salah satu hal lainnya yang membuat printer dot matrix ini masih bayak digunakan, selain ketiga keunggulan tadi adalah karena printer dot matrix ini masih sanggup untuk mencetak pada kertas atau media yang berukuran besar dan juga lebar.

Kebanyakan digunakan pada media kertas berjenis continuous form, yang banyak digunakan di perkantoran dan juga dunia perkasiran. Dengan adanya hal ini, maka kantor ataupun kasir dapat melakukan pencetakan dengan menggunakan kertas berbagai macam ukuran, dan juga berbagai macam ketebalan kertas, yang tentunya akan sangat menambah efektivitas dair penggunaan printer dot matrix ini.

Kekurangan dari Printer Dot matrix

Meskipun dinilai efisien, apalagi ketika digunakan untuk mencetak nota dan juga bon, namun demikian printer dot matrix ini juga memilkki banyakl sekali kekurangan dan juga kelemahan. Hal ini pula lah yang kemudian menyebabkan printer dot matrix ini menjadi banyak ditinggalkan oleh user, dan hanya digunakan untuk kepentingan khusus saja. Apa saja kekurangan dari printer dot matrix ini? berikut ini adalah beberapa kekurangan dari printer dot matrix :

1. Suaranya yang sangat berisik

Kekurangan pertama dariprinter dot matrix ini adalah suaranya. Ya, printer dot matrix adalah salah satu printer yang paling menyebabkan polusi suara, karena ketika proses mencetak dilakukan, printer ini adakan bekerja dengan cara mengetuk, dan ini menyebabkan printer ini mengeluarkan suara yang bising dan juga berisik, sehingga cenderung mengganggu siapa saja yang mendengarnya.

Maka dari itu, hal ini ini membuat printer dot matrix jarang digunakan untuk kepentingan umum, dan kebanyakan hanya digunakan untuk kepentingan khusus, seperti mencetak resi ataupun nota saja.

2. Hasil cetakan yang tidak jelas dan tidak tajam

Dengan kemampuan mencetaknya yang menggunakan sistem dot matrix, maka sudah pasti hasil cetakan dari printer ini tidak terlalu tajam. Apabila dibandingkan degnan deskjet sekalipun yagn berkualitas rendah, hasil cetakan dari printer ini pun masih kalah jauh. Hal ini tentu saja disebabkan karena penggunaan pita karbon dan juga sistem mencetak dari printer ini yang menggunakan sisitem penyambungan antara titik – titik, sehingga sangat tidak optimal kejelasan mencetaknya.

3. Pilihan warna yang sedikit

Bagi anda yang mungkin senang mencetak dokumen berwarna, maka jangan harap bisa menggunakan printer dot matrix ini. pilihan warna dari printer dot matrix ini dsangatlah terbatas. Hanya ada warna merah, biru dan juga hitam saja untuk pita karbon printer dot matrix ini.

Selain itu, warna tersebut pun tidak dapat digunakan secara bersamaan, hanya dapat digunakan satu per satu. Jadi apabila anda ingin mengganti warna, maka anda harus mengganti pita karbonnya terlebih dahulu. Sangat merepotkan dan juga tidak efisien.

4. Tidak adanya inovasi – inovasi terbaru

Ya, sejak pertama kali diciptakan, hingga saat ini, kemampuan dari printer dot matrix tidak mengalami perubahan, alias stagnan. Tidak ada inovasi – inovasi baru yang membaut printer dot matrix ini menjadi lebih efisien, baikd ari segi kualitas cetakan, konsumsi listrik, dan lainnya.

Bahkan, printer dot matrix produksi terbaru pun masih sama desainnya dengan printer dot matrix seri lama. Sangat berbeda jauh dengan jenis printer deskjet, yang notabene merupakan printer basic, namun banyak diberikan inovasi – inovasi yang memberi kenyamanan dalam mencetak. Hal inilah yang kemudian membuat printer dot matrix menjadi semakin esklusif, dimana hanya digunakan untuk kepentingan tertentu saja, dan jarang sekali digunakan untuk kepentingan pribadi, apalagi rental komputer.

5. Bobotnya yang sangat berat

Bobot dari printer ini juga cenderung sangat berat, dan merepotkan. Apabila anda ingin meletakkan printer dot matrix ini di atas meja, pastikan meja tersebut terbuat dari bahan yang cukup kuat. Karena beberapa kejadian bisa menyebabkan meja dengan bahan seadanya tidak kuat dalam menahan beban printer dot matrix ini.

6. Terkadang pita printer dot matrix sering terlipat, sehingga menysahkan, dan menyangkut pada printer

Kekurangan berikutnya dari printer dot matrix muncul dari kondisi pita atau ribbon yagn ada di dalam printer. Terkadang sering terjadi malfungsi atau error pada printer dot matrix ini, sehingga printer tidak dapat mencetak dengan baik. Error ini bisa disebabkan kaena pita dari printer dot matrix ini terlipat, dan nyangkut pada printer, sehingga proses pencetakan menjadi terganggu, dan anda harus membongkar printernya terlebih dahulu untuk membenarkan gangguan tersebut.

7. Kemampuan mencetaknya yang tergolong lambat

Printer dot matrix adalah salah satu jenis printer yang kemampuan mencetaknya paling payah. Printer in ihanya mampu untuk mencetak dengan kcepatan kurang lebih 500 cpm, alias 500 character per minutes. Character bisa diartikan sebagai satu huruf.

Jadi, anda bisa bayangkan, berapa menit yang harus anda habiskan untuk mencetak dokumen berisi 1000 kata dengan printer dot matrix ini? banyangkan apabila anda harus mencetak laporan, skripsi, thesis, dan dokumen yagn panjang lainnya dengan menggunakan printer dot matrix ini? sangat tidak efisien bukan?

Menampilkan Produk 10 of 19

View

Harga Printer Epson LX 800 Dot Matrix

Printer Epson LX 800 Dot Matrix hanya dapat mencetak kertas continus form 2 rangkap. Karena tergolong printer keluaran lama jadin kecepatan  cetaknya lambat dan cara memasukkan kertas masih manual. Spesifikasi Pita Catridge support di windows XP dan windows 7.View more

from Rp149,900.00

9 retailers

Harga Printer Epson LX 300

Printer Epson LX 300 merupakan printer dengan jenis dot metric, kecepatannya lumayan tinggi untuk jenis printer ini. Daya yang digunakan juga cukup kecil untuk jenis dot metric. Spesifikasi 9 pins 80 columns Speed NLQ: 12 cpi: 67 chars/s, 10 cpi: 56 chars/s, Draft: 12 cpi: 270 chars/s, 10 cpi: 225 chars/s, HighSpeed-Draft: 12 cpi: 337 chars/s, 10 cpi: 300 chars/s 23 Watt Windows 2000, Windows 7, Windows 8, Windows 98, Windows XP 366‎ x 275 x 159 mm (Width x Depth x Height)View more

from Rp325,000.00

11 retailers

Harga Printer Epson LX-1170

Printer Epson LX-1170 meskipun masih menggunakan 9pin namun dapat mencetak dengan kertas hingga ukuran A3, Epson LX-1170 merupakan printer yang mumpuni untuk menangani tugas-tugas yang ringan. Spesifikasi Dot Matrix Printer 64 KB 9 pins 136 column 4 plus one original USB 2.0 Type B 6.6 kgView more

from Rp475,000.00

5 retailers

Harga Printer Epson Dotmatrix LQ 2180

Printer Epson Dotmatrix LQ 2180 salah satu printer dengan pin dotmatrix terbaik. Karena memiliki daya tahan yang tinggi, selain itu dapat mencetak hingga 4 copy. Spesifikasi Printing MethodCopy capability Original + 4copies Buffer memory 64 Kb Copy capability Original + 4copies Buffer memory 64 Kb Pixel Resolutions Max.24 million lines Print Speed BlackHigh Speed Draft...View more

from Rp495,000.00

8 retailers

Harga Printer EPSON LQ-2180

Printer EPSON LQ-2180 menggunakan teknologi impact dot matrix dengan pin sebanyak 24 buah. Sehingga kualitas hasil dan kecepatan mencetaknya lumayan mumpuni untuk printer jenis dot matrix. Spesifikasi Printing Method: 24-pin, (12 x 2 staggered), impact dot matrix Print Direction: Bi-directional with logic seeking Print Speed: High Speed Draft: 480 cps at 10 cpi Draft: 360...View more

from Rp500,000.00

8 retailers

Harga Printer Epson LQ 300

Printer Epson LQ 300 adalah printer dot metix yang sangat mumpuni karena menggunakan pin hingga 24 buah. Dengan banyaknya pin tersebut membuat pencetakan lebih cepat dan sempurna. Spesifikasi DotMatrix Printer 300 cps (High Speed Draft 10cpi) 24 pins Copy 1 original + 3 366 x 275 x 159 mm Microsoft® Windows® 98/2000/Me/XP and Microsoft® Windows® NT®...View more

from Rp550,000.00

9 retailers

Harga Printer Dot Matrix Epson TM 220

Printer Dot Matrix Epson TM 220 merupakan produksi dari pabrikan epson yang dikhususkan untuk pencetakan struk pembayaran atau bukti lain yang ukurannya kecil. Spesifikasi Print Method : 9 Pin Serial Impact Dot Matrix Interface : USB or Pararel or Serial Print Speed : 4,7 Inch per second Ink Ribbon : ERC-38 Data Buffer : 4...View more

from Rp900,000.00

9 retailers

Harga Printer Epson LX-310

Printer Epson LX-310 merupakan generasi penerus dari LX-300. Printer dot metric ini masih menggunakan 9 pin, namun kecepatan dan jenis font untuk teksnya semakin bertambah banyak. Spesifikasi Number of Pins in Head 9 pins Print Direction Bi-direction with logic seeking Control Code ESC/P and IBM PPDS emulation Print Speed High Speed Draft10/12/15 cpi 347 /...View more

from Rp1,400,000.00

10 retailers

Harga Printer Epson LQ-310

Printer Epson LQ-310 merupakan penerus dari seri LQ 300. Kemampuan input data buffer memori 128KB 2 kalilipat dari pendahulunya. Hal ini membuat untuk pencetakan dapat mencapai kecepatan tinggi hingga 416 karakter tiap detik pada 12 CPI. Spesifikasi DotMatrix Printer 128KB High Speed Draft 10/12 cpi 24pins Original + 3 copies USB 2.0 Full-Speed Approx. 2.5 million characters...View more

from Rp2,199,000.00

10 retailers

Harga Printer Epson LQ-2190

Printer Epson LQ-2190 salah satu printer dot matrix dengan daya yang digunakan sedikit lebih besar, namun hasil cetakannya akan lebih sempurna. Daya tahannya juga lumayan tinggi. Spesifikasi Model = Printer Dot Matriks Ukuran (L x W x H cm) = 63.9 x 40.2 x 25.6 cm Berat (kg) = 20 Warna = Abu-abu Tipe =...View more

from Rp2,500,000.00

10 retailers