3744 Daftar Harga Flashdisk Murah (Diskon Besar) HargaPm

Kesalahan Umum dalam Penyebutan Istilah Flashdisk

Sebelum masuk langsung ke dalam topik mengenai flash disk atau flash drive ini, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu mengenai sebuah kesalahan umum yang sering disebutkan oleh user, megnenai perangkat keras kecil yang satu ini. seperti yang kita ketahui, banyak orang menyebut bahwa perangkat ini merupakan perangkat yang bernama flash disk. Padahal, nama asli dan nama sebenarnya dari perangkat ini adalah flash drive.

Penyebutan istilah flash disk agaknya kurang tepat, karena perangkat flash drive ini tidak menggukan disk atau cakram di dalamnya, seperti layaknya harddisk, disket ataupun compak disc. Flash driver merupakan perangkat keras yang berguna untuk penyimpanan atau storage yang menggunakan chip sebagai media penyimpanan, dan bukan menggunakan media disk, karena itu penggunaan istlah dari flash disk kurang tepat, karena sama sekali tidak terdapat komponen berupa disk pada flash drive ini.

» Lanjut Baca

Kesalahan lainnya yang juga sering dilakukan oleh pengguna atau user adalah menyebutkan bahwa perangkat flash drive ini sebagai USB. Memang benar perangkat flash drive atau yang dikenal dengan nama flash disk ini menggunakan interface USB atau Universal Serial Bus. Namun demikian, tentu saja kurang tepat apabila perangkat kecil yang satu ini disebut sebagai USB, karena USB sendiri mengacu kepada port interface yang digunakan secara universal, dan tidak hanya digunakan pada flash drive saja.

Itulah sedikit pembukaan mengenai beberapa keaslahan umum yang cukup banyak dilakukan oleh pengguna perangkat keras yang satu ini. semoga penjelasan ini membuat anda menjadi lebih paham, mengapa penyebutan flash disk ataupun USB untuk perangkat penyimpanan flash ini menjadi kurang tepat.

Kepopuleran dan awal penggunaan Flash drive / flashdisk

Flash drive ini merupakan salah satu evolusi dari penggunaan media storage atau media penyimpanan portable, dimana pada masa – masa 90 – an dikuasai oleh floppy disk, atau yang kita kenal dengan nama disket berukuran 5 ½ atau 3 ½ . pada masa jayanya, floppy disk alias disket ini memiliki banyak keterbatasan, terutama dari segi kapasitas yang dimilikinya, yaitu hanya sebesar 512 Kb saja. Selain itu, floppy disk juga mudah mengalami patah, dan juga disk yang berada di dalamnya dapat mudah mengalami kerusakan, sehingga tidak efisien.

Pada era 2000 – an, dimana teknologi komputer sudah mulai banyak dimanfaatkan oleh manusia, muncullah ide untuk melakuka pengembangan media storage atau media penyimpanan portable yang mudah dibawa, dan memiliki kapasitas yang besar. Pertama kali flash drive ini muncul melalui dua raksasa tenologi dunia, yaitu IBM dan juga Trek Technology. IBM memasarkan flash drive pertama mereka pada era 2000 – an dengan nama Disk On Key, sedangkan Trek memasarkannya dengan nama Thumbdrive. Pada saat itu, flash drive sudah memiliki kapasitas penyimpanan sebsar 8 Mb, yang mana jauh lebih besar dibandingkan dengan floppy disk.

Generasi berikutnya dari flash drive ini pun bermunculan, dengan berbagai macam kecepatan transfer data, dan juga dengan pengembangan interface USB alias Universal Serial Bus, yang mana pada era 2005 sudah populer dan banyak digunakan pada berbagai macam PC dan juga laptop. Itulah awal mula penggunaan flash drive secara umum.

Kapasitas dan perkembangan flash drive saat ini

Hingga saat ini, penggunaan flash drve sudah tentu tidak asing lagi bagi anda semua. Siapa yang tidak mengenal flash drive? Dari awal pembuatannya, yang hanya memiliki kapasitas memory sebesar 8 Mb saja, saat ini sudah memiliki kapasitas hingga 256 Gb, dan juga 512 Gb, sangat jauh lebih banyak dibandingkan dengan awal mula atau cikal bakal dari flash drive itu sendiri.

Hingga saat ini, kapasitas dari flash drive sendiri bervariasi, dengan besaran kapasitas mulai dari hitungan 1 Gb. Sudah sangat jarang sekali anda bisa menemukan flash drive yang masih memiliki kapasitas memory dalam satuan Mb (dibawah 1 Gb).

Selain kapasitas dari flash drive yang sudah semakin membesar, perkembangan flash drive juga mencakup kecepatan transfernya. Dengan dikembangkannya interface USB 3.0, maka hal ini akan sangat memungkinkan sebuah perangkat flash drive mampu untuk mentransfer file dengan kecepatan 5 Gbps, alias 5 Giga Byte dalam satu detik saja. Hal inilah yang kemudian membuat flash drive menjadi salah satu perangkat keras yang peling banyak dicari, dan paling banyak digunakan, karena selain berukuran kecil dan mudah dibawa, juga memiliki kapasitas serta kecepatan transfer yang tinggi.

Perkembangan lainnya dari sebuah flash drive hingga saat ini adalah dari segi model dan juga bentuk flash drive itu sendiri. Ya, apabila pada awal dikembangkan, flash drive hanya berbentuk batangan yang cukup besar dan juga panjang, saat ini, sudah bermunculan berbagai macam model dan juga bentuk dari perangkat flash drive. Mulai dari flash drive berukuran kecil, hingga yang kita kenal dengan nama fancy flash drive, yang berbentuk karakter kartun, dan tokoh – tokoh tertentu, gantungan kunci, kartu kredit, dan berbagai macam bentuk lainnya.

Bagaimana membedakan flash drive palsu dan asli?

Dengan meningkatnya kepopuleran dari sebuah perangkat flash drive, maka meningkat pula permintaan user akan produk semacam ini. hal ini membuat banyak pabrikan dan juga produsen nakal yang memalsukan berbagai macam merk flash drive yang ada di pasaran. Beberapa merk seperti Toshiba, dan juga merk Kingston adalah merk yang paling banyak dipalsukan. Adapun, flash drive yang dipalsukan biasanya memilki ciri – ciri umum, seperti :

  1. Harga flashdisk murah dengan kapasitas yang besar

Bagaimana mungkin sebuah flash drive berkapasitas 32 atau 64 giga byte bisa dijual dengan harga hanya 50 ribu rupiah? Apabila anda menemukan hal ini, maka dapat dipastikan bahwa flash drive tersebut adalah flash drive palsu, yang tentu saja malah akan merugikan anda nantinya.

  1. Built quality yang kurang baik

Built quality dari flash drive palsu juga biasanya terlihat buruk, misalnya saja finishing yang kasar, bagian port USB yang terlihat jelek, hingga kondisi dari tampilan merk, logo, serta lainnya yang sangat tidak menarik dan terlihat abal – abal.

  1. Tidak terdapat garansi

Ciri – ciri lainnya yang bisa anda ketahui langsung bahwa flash drive tersebut palsu adalah tidak adanya garansi pada flash drive yang anda beli. Beberapa merk flash drive menjamin unit flash drive dengan garansi seumur hidup, dan beberapa produse juga menjamin dengan garansi 6 bulan hingga satu tahun. Apabila anda memperoleh flash drive tanpa adanya garansi, hampir dipastikan flash drive tersebut palsu.

  1. Tidak ada hologram

Hologram juga merupakan salah satu ciri bahwa flash drive tersebut asli atau palsu. Flash drive yang tidak memiliki hologram, dapat dipastikan bahwa flash drive tersebut adalah palsu. Namun kita juga harus mengetahui ciri – ciri spesifik dari hologram flash drive tersebut, karena beberapa produsen nakal mampu mencetak hologram yang mirip dengan aslinya.

  1. Ciri spesifik lainnya

Ciri lainnya yang bisa menjadi acuan anda dalam memilih flash drive yang asli adalah dengan melihat beberapa ciri spesifik, misalnya saja serial number pada flash drive, informasi kapasitas, hingga software bawaan dari flash drive. Beberapa flash drive, seperti San Disk dan juga Kingston menyelipkan software bawaan di dalam unit flash drive mereka.

Cara mengecek kapasitas real dari sebuah flash drive

Beberapa user, termasuk anda mungkin pernah tertipu dengan kapasitas dari sebuah flash drive. Di dalam badan flash drive tertulis 8 hingga 64 Gb, tapi data yang anda masukkan atau simpan hilang. Hal ini disebabkan karena memang kapasitas real dari flash drive palsu ini tidaklah murni 8 atau 64 Gb. Beberapa flash drive palsu ini hanya menggunakan chip yang berkapasitas 8 Mb atau 64 Mb saja.

Untuk mengeceknya, anda bisa mencoba untuk mengcopy file dengan ukuran besar, (lebih dari 3 Gb) langsung ke dalam flash drive anda. apabila file tersebut dapat disimpan dengan baik dan sempurna, maka kapasitas real dari flash drive tersebut benar. Namun, apabila tidak bisa, da mengalami error, maka hal ini menunjukkan bahwa kapasitas real dari flash drive tersebut adalah palsu alias anda sudah tertipu oleh label kapasitas.

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengetahui kapasitas real dari flash drive yang anda miliki adalah menggunakan software. Salah satu software yang bisa anda gunakan adalah menggunakan software Harddisk Low Level Format Tool. Harddisk Low Level Format Tool adalah sebuah aplikasi atau software untuk melakukan formatting pada sebuah drive. Namun demikian, harddisk low lev el format tool ini juga dapat mendeteksi kapasitas real dari sebuah flash drive. Contohnya saja, sebuah flash drive, yang pada labelnya bertuliskan 8 Gb. Ketika kita melakukan kroscek pada windows, maka kapasitas flash drive tersebut juga terdeteksi 8 Gb. Untuk memastikannya, gunakan harddisk low level format tool ini, apabila terdeteksi kapasitas flash drive sebesar 8000 Mb atau berkisar antara 6000 hingga 7000 Mb, maka kapasitas flash drive tersebut adalah real. Namun beberapa kasus menunjukkan bahwa harddisk low level format tool ini menampilkan kapasitas flash drive tersebut hanya sebesar 8 Mb saja. Dengan menggunakan tool ini, maka kita bisa menyimpulkan apakah flash drive yang kita miliki memiliki kapasitas real yang sesuai dengan label atau tidak.

Kelebihan dari flash drive

Nah, tentu saja flash drive tidak akan menjadi primadona dalam media penyimpanan portable apabila tidak memiliki banyak kelebihan. Apa saja yang menjadi kelebihan dari flash drive ini? berikut ini adalah beberapa kelebihan dari flash drive :

  1. Mudah dibawa – bawa, dengan bentuk yang kecil
  2. Memiliki bentuk yang unik dan lucu
  3. Kapasitas penyimpanan besar
  4. Mudah diperoleh
  5. USB sudah menjadi port standar dalam setiap komputer modern, sehingga cocok dengan interface yang digunakan oleh flash drive
  6. Bisa dihubungkan dengan berbagai macam perangkat, seperti televisi, media player, dan juga smartphone.

Kekurangan dari flash drive

Namun demikian, anda juga perlu berhati – hati, karen flash drive seringkali menyebabkan banyak masalah. Hal ini disebabkan karena beberapa kelemahan yang dimiliki oleh flash drive. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dan juga kekurangan dari flash drive :

  1. Penggunaan flash drive di sembarang tempat akan menyebabkan tingginya kemungkinan perpindahan virus dari satu komputer ke komputer lainnya.
  2. Banyak flash drive palsu yang merugikan, karena kapasitas real yang tidak sesuai dengan kapasitas yang tertulis
  3. Mudah hilang karena bentuknya yang kecil
  4. Keamanan data di dalam flash drive yang sering rentan corrupt
  5. Flash drive hanya cocok untuk digunakans ebagai media penyimpanan portable sementara atau back up saja. Tidak disarnkan untuk menyimpan data penting anda pada flash drive.

Merk – merk flash drive

Flash drive sendiri saat ini sudah diproduksi dalam berbagai macam bentuk, baik yang bermerk maupun yang bertipe generic. Generic, merupakan jenis flash drive yang diproduksi oleh perusahaan tertentu, yang tidak dilabeli dengan merk, seperti layaknya obat. Perbedaan antara flash drive generic dan juga ber merk hanya pada label merk yang digunakan saja. Biasanya flash drive generic digunakan untuk kepentingan tertentu, seperti souvenir ataupun bentuk – bentuk flash drive yang menyerupai tokoh kartun atau karakter tertentu (fancy flash drive).

Untuk flash drive yang ber merk, ada banyak sekali pilihan merk flash drive. Berikut ini adalah beberapa macam contoh dari merk flash drive :

  1. Toshiba (merk flash drive yang sangat terkenal, dengan bentuk yang simple, namun banyak sekali beredar model palsu dari Toshiba dengan kapasitas real yang tidak sesuai dengan label)
  2. Kingston (sama seperti Toshiba, Kingston juga merupakan merk flash drive yang banyak dipalsukan, dimana kapasitas real tidak sesuai dengan label)
  3. San Disk (merpakan flash drive yang memiliki banyak pilihan model dan juga fitur, dan cukup jarang dipalsukan)
  4. Corsair
  5. V-Gen
  6. HP
  7. Transcend
  8. Samsung
  9. Adata

Merk flash drive Sandisk hingga Adata adalah merk flash drive yang cukup jarang dipalsukan. Merk – merk tersebut memiliki beberapa ciri – ciri khas untuk produk originalnya, misalnya serial number, hologram, garansi seumur hidup, hingga softwawre bawaan untuk melakukan backup, pengecekan serial number, dan software utility lainnya yang menunjukkan bahwa merk tersebut adalah asli dan bukan produk palsu atau tiruan.

Perawatan flash drive

Merawat falsh drive sebenarnya tidaklah terlalu rumit, karena flash drive memiliki ketahanan yang cukup tinggi. hal ini membuat beberapa merk flash drive mampu bekerja dengan baik dan optimal meskipun sudah terjatuh. Namun demikan, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk merawat flash drive agar awet, antara lain :

  1. Simpan flash drive pada tempat yang kering, jangan terkena air, apalagi tergenang air
  2. Selalu tutup bagian interface USB pada flash drive, untuk mencegah korosi dan masuknya debu
  3. Jangan pernah membuka bagian body dari flash drive apabila anda tidak memahami susunan dari flash drive
  4. Selalu gunakan fasilitas safely remove hardware untuk memastikan bahwa flash drive anda aman untuk dicabut dari port USB komputer
  5. Usahakan agar memasang flash drive pada komputer yang memiliki anti virus. Hal ini ntuk menjamin agar tidak ada virus yang ikut masuk ke dalam flash drive anda saat melakukan manajemen data.

» Kecilkan

Menampilkan Produk 10 of 441

View

Harga SANDISK Cruzer Switch 8GB [CZ52]

SANDISK Cruzer Switch 8GB [CZ52] adalah flashdisk keluaran Sandisk yang memiliki desain unik dan penutup yang swifel (memutar), sehingga tidak perlu khawatir akan hilang karena penutup tidak perlu dilepas. Flashdisk ini built in aplikasi untuk melindungi data Anda dari tangan-tangan jahil. Spesifikasi: USB 2.0 Kapasitas 8 Gb Ukuran (L x W x H) 45 x 21 x...View more

from Rp30,400.00

13 retailers

Harga Sandisk Flashdisk CZ50 Cruzer Blade 8 GB – Hitam

Sandisk Flashdisk CZ50 Cruzer Blade 8 GB memiliki style yang sama seperti flashdisk Sandisk jenis Cruzer Blade lainnya, yaitu desain yang stylish dan praktis. Dengan kapasitas sebesar 8 Gb, Anda dapat menyimpan data berupa file video, foto, maupun teks dengan kecepatan transfer data yang tinggi dan keamanan yang disediakan untuk melindungi data Anda. Spesifikasi: Kapasitas...View more

from Rp30,500.00

14 retailers

Harga Flashdisk Strontium Pollex SR8GRD – 4GB

Flashdisk Strontium Pollex merupakan flashdisk yang menggunakan teknologi COB versi terbaru, sehingga memiliki kecepatan transfer data yang tinggi. Flashdisk ini dapat digunakan pada port USB 3.0, USB 2.0, dan USB 1.1. Spesifikasi: USB 3.0 Kapasitas 4GB Warna hitam Kecepatan read hingga 25 Mbps, kecepatan write hingga 5 Mbps. Ukuran (LxWxH) 49.4 x 17.6 x 7...View more

from Rp31,500.00

10 retailers

Harga Sandisk Cruzer Edge Flash Drive – SDCZ51 – 8GB

Sandisk Cruzer Edge Flash Drive –  SDCZ51 – 8GB adalah flashdisk dari Sandisk yang memiliki desain yang unik dan ramping, sehingga sangat nyaman meski disimpan dalam saku sekalipun. Sistem pengeseran untuk konektor USB, membuatnya aman dari kerusakan saat tidak digunakan. Spesifikasi: USB 2.0 Kapasitas 8 Gb Ukuran (L x W x H) 46 x 20,3...View more

from Rp31,900.00

7 retailers

Harga Toshiba Hayabusa USB Flash Memory Flashdisk – 4 GB – Putih

Toshiba USB Flash Memory Flashdisk adalah flashdisk keluaran Toshiba yang memiliki design yang praktis dan ergonomis sehingga dapat nyaman disimpan di saku maupun di dompet Anda. Flashdisk ini dapat dihubungkan ke perangkat Anda tanpa perlu melakukan instalasi apapun. Spesifikasi Warna : Putih Ukuran (L x W x H) 5x1x1 cm Kapasitas 4Gb Kecepatan read hingga...View more

from Rp32,200.00

8 retailers

Harga Sandisk Cruzer Glide USB 2.0 Flash Drive 8Gb – SDCZ60

Sandisk Cruzer Glide USB 2.0 Flash Drive 8Gb – SDCZ60 adalah flashdisk dari Sandisk yang mengusung USB 2.0. Konektor USBnya yang tarik ulur memudahkan Anda dalam menggunakannya, tanpa perlu khawatir kehilangan penutupnya. Spesifikasi: USB 2.0 Kapasitas 8 Gb Ukuran (L x W x H) 60,2 x 20,8 x 11,2 mm Warna hitam Nomor produk SDCZ60-008G-Z35...View more

from Rp32,400.00

9 retailers

Harga Flashdisk Vgen Fundisk USB 2.0 – 4GB

Flashdisk VGen OTG Fundisk memiliki pilihan warna yang menarik dan desain yang praktis. Anda dapat dengan mudah membawa data-data penting di segala aktifitas. Spesifikasi: USB 2.0 Kapasitas 4GB Ukuran (L x W x H)  38 x 17 x 5 mm Berat 5 gr Suhu operasi 0°C to 45°C Kecepatan read hingga 16,8 Mbps, kecepatan write hingga...View more

from Rp34,000.00

7 retailers

Harga Flashdisk Transcend JetFlash 350/370 USB 2.0 – 8GB

Flashdisk Transcend Jetflash 350/370 merupakan flashdisk dari Transcend yang memiliki 2 pilihan warna, putih dan hitam. Didukung dengan Transcend Elite data management software, Anda dapat mengelola berkas yang disimpan dalam Flashdisk Transcend Jetflash. Spesifikasi: USB 2.0 Kapasitas 8GB Ukuran (L x W x H) 5 × 18.59 × 8.7 mm Warna hitam(350)/putih(370) Suhu operasi 0°C to 45°C...View more

from Rp35,000.00

12 retailers

Harga Flashdisk Vgen Fundisk USB 2.0 – 8GB

Flashdisk VGen OTG Fundisk memiliki desain yang unik dan bobot yang ringan. Flashdisk ini sangat cocok bagi pengguna yang beraktifitas di outdoor. Spesifikasi: USB 2.0 Kapasitas 8GB Ukuran (L x W x H)  38 x 17 x 5 mm Warna putih-merah dan putih-biru Berat 5 gr Suhu operasi 0°C to 45°C OS support  Windows® 8.1, Windows 8,...View more

from Rp35,000.00

7 retailers

Harga Sandisk Flashdisk Cruzer Blade 4GB – Black

Sandisk Flashdisk Cruzer Blade 4GB – Black adalah Usb flashdisk keluaran Sandisk yang mungil dan ergonomis namun memiliki kecepatan transfer data yang tinggi. Selain itu Sandisk Flashdisk Cruzer Blade 4GB disisipi sistem pengamanan data dari Secure Access, sehingga keamanan data Anda lebih terjamin. Spesifikasi: SKU SA850ELAA3HXP8ANID Kapasitas 4Gb Ukuran (L x W x H) 4×1,5×1 cm...View more

from Rp35,300.00

16 retailers
1 2 3 45