1430 Harga Charger Laptop Diskon Besar-Besaran - Harga PM

Apabila kita berbicara mengenai charger laptop, maka ada juga orang yang menyamakannya dengan adaptor laptop. Nah, sebenarnya adapakah charger laptop dan juga adaptor laptop ini sama, ataukah berbeda? Untuk bisa memahaminya, maka kita terlebih dahulu harus mengentahui tugas penting dari masing – masing perangkat, yaitu charger dan juga adaptor laptop.

Sedikit mengenai Charger Laptop

Charger laptop sendiri memiliki tugas dan juga fungsi utama untuk melakukan proses charging, alias mengisi ulang batere yagn digunakan oleh laptop. Seperti kita ketahui, yang namanya laptop, merupakan jenis komputer yang sifatnya portable.

Karena bersifat portable, maka wajib memiliki sumber listrik terpisah, yang salah satunya berasal dari tenaga batere. Batere ini memiliki berbagai macam kapasitas, dan akan habis setelah digunakan dalam waktu tertentu, yang biasanya berkisar antara 2 hingga 10 jam dalam pemakaian normal.

Fungsi charger inilah yang kemudian memabntu agar batere laptop dapat mengisi ulang, sehingga mampu untuk menyalakan laptop, dan membuat laptop data bekerja dengan normal kembali.

Penggunaan Adaptor

Lalu bagaimana dengan adaptor? Nah, adaptor ini sebenarnya merupakan perangkat elektronik yagn berfungsi untuk mengadaptasikan voltase listrik. Maksudnya? Listrik di rumah dan gedung – gedung secara standar memiliki voltase alias tegangan sebesar 110 hingga 220 Volt.

Apabila kita ingin menhubungkan peralatan elektronik, maka kita juga harus menghubungkan peralatan elektronik yang memiliki voltase yang sama agar tidak terjadi korslteing akibat tegangan yang terlalu tinggi. Contohnya, kipas angin, bisa langsung dihubungkan ke dalam stop kontak listrik rumah, karena memang kipas angin didesain mampu bekerja dengan tegangan sebesar 220 Volt.

Tegangan kurang dari 220 Volt, maka kipas angin tidak sanggup bekerja, dan apabila tegangan lebih dari 220 Volt, maka kipas angin bisa meledak. Hal ini berlaku juga pada peralatan rumah tangga lain, seperti televisi, kulkas, stereo set, AC dan perangkat lainnya.

Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana caranya agar perangkat elektronik dengan tegangan kecil (dibawah 110 Volt) bisa dihubungkan degnan stop kontak listrik rumah yang bertegangan 220 volt? Disinilah adaptor memiliki peran yang penting.

Dengan adanya alat yang bernama adaptor ini, maka alat adaptor akan mengkonversi tegangan listrik sebesar 220 volt tersebut menjadi tegangan listrik yang dibutuhkan oleh perangkat elektronik tertentu. salah satunya adalah perangkat laptop. Perlu kita ketahui, laptop pada umumnya membutuhkan listrik brtegangan 19 Volt untuk dapat beroperasi.

Dengan adanya adaptor ini, maka laptop tetap akan menerima tegangan listrik sebesar 19 volt, meskipun sumber listriknya memiliki tegangan 220 volt.

Charger dan juga Adaptor laptop

Setelah anda mengetahui mengenai fungsi dan juga tugas utama dari charger dan juga adaptor, maka anda pasti sudah memahami mengenai charger dan juga adaptor pada laptop. Karena laptop adalah unit portable yang membutuhkan tenaga baterai, yang harus diisi dalam jangka pemakaian tertentu, maka dari itu, laptop menggunakan adaptor, yang memiliki fungsi tambahan sebagai charger juga.

Jadi bisa kita bilang, bahwa laptop membutuhkan perangkat charger plus adaptor yang menjadi satu komponen. Hal ini berbeda dengan peralatan elektronik non portable yang membutuhkan tegangan listrik kecil, misalnya saja pemijat listrik. Alat ini tidak membnutuhkan fungsi charger, sehingga kita hanya membutuhkan alat yang kita kenal dengan istilah adaptor saja.

Jenis Charger Laptop

Charger laptop sebenarnya merupakan salah satu komponen komputer yang paling jarang sekali mengalami kerusakan. Kerusakan terjadi pada komponen charger laptop ini biasanya terjadi karena penggunaan yang tidak wajar, misalnya saja tegangan listrik yag berlebih, korsleting karena terkena air, dan juga terkelupas. Kebanyakan charger masih akan tetap bekerja dengan sempurna meskipun sering terjatuh dan juga terbanting.

Namun, yang namanya produk elektronik, masih ada kemungkinan mengalami kerusakannya. Maka dari itu anda pun harus mengganti charger laptop ini apabila mengalami kerusakan. Ada beberapa jenis charger laptop di pasaran yang bisa anda coba pilih untuk kebutuhan laptop anda, antara lain adalah :

1. Charger Original

charger laptopSudah pasti, charger original adalah salah satu pilhan terbaik yang bisa anda gunakan untuk mengganti charger laptop lama anda yang mungkin mengalami kerusakan.

Charger original adalah charger yang memang memiliki merk, seri, serta detail yang dibuat dengan charger bawaan laptop anda. charger ini biasanya disertai dengan hologram, nomor seri tertentu, serta memilki kualitas terbaik, dan pastinya kompatibel dengan laptop anda.

Anda bisa membeli charger original ini pada service center yang tersebar di kota – kota di Indonesia, atau anda juga bisa membeli secara online ataupun mendatangi toko komputer.

Namun, anda harus berhati – hati, karena bisa saja anda tertipu, karena anda mungkin kurang teliti dalam melihat keaslian charger tersebut. usahakan anda memhami betul betul mengenai kualitas asli dari charger laptop anda agar tidak tertipu.

2. Charger OEM

charger laptop oemApabila anda merasa bahwa charger original terlalu mahal untuk kantong anda, maka anda bisa mencoba menggunakan charger OEM ini.

Charger OEM atau Original Equipment Manufactured merupakan charger yang dibuat oleh afiliasi dari merk charger tertentu, namun biasanya tidak mencantumkan merk.

Sehingga anda harus teliti dalam melihat nilai input dan juga output charger, serta harus melihat juga jenis socket yagn digunakan apakah cocok atau tidak dengan laptop anda.

Namun biasanya, charger OEM ini lebih mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang relative lebih rendah dibandingkan charger original.

3. Charger Replacement / uUiversal

charger laptop universalSalah satu jenis charger yang populer saat ini adalah jenis charger universal, atau juga sering dikenal dengan charger replacement.

Charger jenis ini biasanya dibuat oleh pabrik yang tidak berafiliasi dengan merk original, namun mampu membuat charger tanpa merk (generic) yang memiliki kualitas, dan juga kapasitas yang mirip dengan aslinya.

Sama seperti charger OEM, untuk memilih charger bertipe ini, anda harus jeli melihat kapasitas input dan juga output dari charger tersebut, serta melihat apakah socket dari charger tersebut cocok dengan laptop milik anda.

Charger universal ini memiliki kualitas baik yang hampir sama dengan charger laptop asli, dari bentuk da fisik tentu anda tidak akan bisa membedakannya.

4. Charger KW

charger laptop kwMerupakan jenis charger yang mungkin harganya paling ekonomis, namun paling tidak direkomendasikan. Charger KW ini sering dikenal dengan charger palsu, karena sama sekali tidak dibuat oleh pabrik afiliasi dari merk = merk tertentu, namun memberikan label yang sama persis dengan charger original.

Baisanya jenis charger KW ini bisa terdeteksi dari perbedaan serial number, hologram, garansi, harga, dan juga terlihat jelas dari built quality dan juga finishing produk yang buruk.

Charger KW ini tingkat keamanannya paling buruk, karena belum teruji, terutama dari sisi kestabilan tegangan dan juga arus, sehingga sangat mungkin membuat batere laptop anda cepat rusak, dan terkadang bias degnan mudah mengalami korsleting dan juga kebocoran, yagn tentu saja berbahaya bagi laptop anda.

Tips memilih charger laptop replacement yang bagus dan cocok

Ketika anda akan membeli sebuah charger, makacharger original adalah pilihan paling sempurna, karena sudah terjamin kualitasnya, mulai dari pengisian daya batere, built quality, kebocoran, garansi, hingga kompatibilitas yang sangat cocok untuk laptop.

Nah, pertanyaan muncul ketika anda merasa bahwa charger original terlalu mahal, dan anda memutuskan untuk membeli charger non original, baik itu charger tipe replacement, OEm ataupun KW sekalipun. Ada beberapa tips yang bisa anda prhatikan untuk memilih tipe charger non original ini, antara lain adalah :

1. Sesuaikan kapasitas input dan juga output dari charger tersebut dengan charger lama anda atau dengan baterai dan spesifikasi laptop anda

Hal paling penting yang harus anda perhatikan adalah keternagan input dan juga output dari charger yang akan anda beli. Ini harus sama dengan spek dair laptop dan juga bater anda. apabila batere dan juga spek laptop anda menuliskan input sebesar 19 V 3.4 A (19 Volt dan 3.4 Ampere), maka anda WAJIB untuk membeli charger dengan kapasitas output yang sama. Hal ini untuk menjamin bahwa tidak terjadi kelebihan dan juga kekurangan arus listrik ke dalam laptop anda.

Kelebihan arus listrik bisa menyebabkan laptop menajdi oeverheat dan korslet, sedangkan kekurangan arus akan menyebabkan laptop tidak kuat untuk menyala dan tidak kuat untuk melakukan pengisian daya, yang pastinya dapat mempengaruhi kinerja hardware laptop anda.

2. Sesuaikan kepala atau socket charger dengan socket yang dimiliki laptop anda

Kepala socket laptop juga wajib anda cek. Anda harus mencocokan apakah kepala socket charger anda sesuai dengan socket laptop anda. karena terkadang ada beberapa kepala socket yang sama, namun berbeda jumlah pin, ataupun berbeda ukuran pin nya. Ini harus anda pastikan ukurannya degnan baik dan benar agar tidak salah pilih.

3. Pada beberapa merk, terdapat nomor seri yang bisa dicocokkan. Apabila sama, maka charger tersebut cocok

Tidak semua charger emmiliki nomor seri yang sama, namun beberapa jenis charger bisa anda cocokan nomor serinya. Apabila nomor seri dan kode ini cocok, maka hampir dipastikan bahwa charger tersebut memang kompatibel dengan laptop anda.

4. Pilih charger non original, yang digaransi oleh penjualnya, minimal 1 hari setelah pembelian, untuk memastikan bahwa charger tersebut cocok

Garansi ini juga penting, karena berguna untuk menukarkan produk apabila mengalami masalah dan juga tidak kompatibel dengan laptop. Memang ada baiknya anda membawa laptop anda dan mengetesnya langsung di tempat. Namun terkadang hal ini idak bisa dilakukan karena banyak hal, sehingga garansi personal ini menjadi salah satu hal yang harus bisa anda dapatkan ketika akan membeli produk charger non original.

Menampilkan Produk 10 of 87

View

Harga Adaptor Laptop HP Compaq 18.5V 3.5A Jarum

Harga adaptor laptop HP Compaq 18.5V 3.5 A Colokan jarum yang dapat digunakan untuk berbagai merek laptop HP : Spesifikasi : Input Voltage : 100-240V 1.7A 50-60Hz Output Voltage : 18.5V 3.5A Colokan : 7.4mm x 5.0mm (pin jarum) Power : 65W garansi : 3 bulan Compatible : Compaq 2230s Notebook Compaq 2510p Notebook Compaq...View more

from Rp80,000.00

3 retailers

Harga Adaptor Asus Mini 19V – 2.1A With Power Cable – Hitam

Charger untuk jenis Laptop Asus,terbuat dari bahan yang berkualitas dan Aman digunakan.dan juga menghasilkan tegangan listrik yang stabil. Spec : Untuk Asus 19v – 2.1 A Plus Kabel Power Aman digunakanView more

from Rp80,000.00

6 retailers

Harga Lenovo Adaptor Laptop 1111 20V 3.25A DC7.9×5.5×0.9 (Jarum) – Kuning

Tidak membuat baterai Anda cepat bocor/abis,Charger Adaptor ini dilengkapi dengan bahan yang berkualitas sehingga Aman untuk digunakan. Spec : Ouput adaptor 20V 3.25A jack kepala colokan adaptor 5.5 mm x 0.9 mm mudah digunakanView more

from Rp85,000.00

4 retailers

Harga HP Adaptor Laptop Compaq 18.5V 3.5A Colokan Standar

Dapat menggantikan Charger HP Anda yang sudah rusak,aman untuk digunakan dan terbuat dari bahan yang berkualitas. Spec : Voltase 18.5 Volt Kapasitas 3.5A Input Voltage AC 100V-240V ~ 1.2A ~ 65WView more

from Rp90,000.00

7 retailers

Harga HP Adaptor Laptop 1033 18.5V 3.5A DC4.8×1.7 – Kuning

Charger untuk jenis Laptop HP,terbuat dari bahan yang berkualitas dan Aman digunakan. Spec : Ouput adaptor 18.5V 3.5A jack kepala colokan adaptor 4.8 mm x 1.7 mm mudah digunakanView more

from Rp95,000.00

4 retailers

Harga HP Adaptor Laptop 1141 19V 3.16A DC5.5×2.5 – Hitam

Charger Adaptor HP ini cocok untuk Laptop HP Anda,jika Charger Anda sebelumnya hilang atau mengalami kerusakan Charger ini dapat menggantikan Charger lama Anda. Spec : Ouput adaptor 19V 3.16A jack kepala colokan adaptor 5.5 mm x 2.5 mm mudah digunakanView more

from Rp95,000.00

6 retailers

Harga HP Adaptor Laptop 1193 18.5V 4.9A DC4.8×1.7 – Hitam

Adaptor HP ini terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi,membuat baterai Laptop anda tidak cepat bocor dan rusak. Spec : Ouput adaptor 18.5V 4.9A jack kepala colokan adaptor 4.8 mm x 1.7 mm mudah digunakanView more

from Rp95,000.00

7 retailers

Harga HP Adaptor Laptop 1221 18.5V 3.42A DC5.5×2.5 – Hitam

Jika Charger Laptop Anda yang sebelumnya hilang/rusak, Charger HP ini dapat menggantikan Charger lama Anda. Spec : Ouput adaptor 18.5V 3.42A jack kepala colokan adaptor 5.5 mm x 2.5 mm mudah digunakanView more

from Rp95,000.00

6 retailers

Harga Toshiba Adaptor Laptop 1011 15V 3A DC6.35×3.0 – Hitam

Memiliki kabel yang Pajang,sehingga Anda akan menjadi lebih fleksibel dalam Mengecas Laptop Anda,dan juga terbuat dari bahan yang berkualitas Spec : Ouput adaptor 15V 3A jack kepala colokan adaptor 6.35 mm x 3.0 mm mudah digunakanView more

from Rp95,000.00

5 retailers

Harga TOSHIBA Adaptor Laptop 1012 15V 4A DC6.35×3.0 – Hitam

Cepat dalam melakukan pengisian dilengkapi dengan teknologi dan bahan yang berkualitas sehingga menghasilkan Charger yang berkualitas Untuk Laptop Anda. Spec : Ouput adaptor 15V 4A jack kepala colokan adaptor 6.35 mm x 3.0 mm mudah digunakanView more

from Rp95,000.00

5 retailers
1 2 3 9