6739 Daftar Harga AC Split Termurah dari 223 Toko Harga Pm

AC Split merupakan salah satu jenis AC di mana split itu sendiri artinya terpisah dan antara blower indoor serta kompresor AC outdoornya peletakannya didesain terpisah. Untuk menghubungkan keduanya terdapat selang yang dimanfaatkan. AC yang kerap dibandingkan dengan AC Split adalah AC Windows yang pemasangannya mau tidak mau harus membobol dinding yang besarnya disamakan dengan ukuran AC tersebut, sehingga blower indoor dan kompresor outdoor tidak terpisah.

Harga AC Split

Daftar Harga ac split yang telah kami rangkum memang cukup menarik dan berkisar sangat bervariasi mulai dari 1 jutaan anda sudah dapat memilikinya. Tercatat jenis jenis ac split yang diperjualbelikan dari berbagai vendor penjual yang telah berpengalaman puluhan hingga ratusan tahun di dunia elektronik.

AC Split merupakan seperangkat alat elektronik yang bekerja supaya suhu ruangan dapat dikondisikan sesuai dengan yang dibutuhkan dan diinginkan oleh penggunanya. Biasanya suhu ruangan akan dikondisikan lebih rendah dibandingkan dengan suhu lingkungan sekelilingnya. Pada dasarnya, AC Split juga memiliki prinsip kerja yang sama dengan mesin pendingin karena panas udara yang ada pada ruangan tertentu akan diserap sehingga otomatis ruangan akan didinginkan.

Komponen dan Fungsi AC Split

AC Split memiliki sejumlah komponen serta fungsi yang membuatnya bekerja dengan baik, dan berikut ini adalah beberapa komponen AC Split yang dapat diperhatikan. Dibagi menjadi dua bagian, komponen yang ada pada AC Split ada di bagian indoor dan outdoor.

  1. Bagian Outdoor

AC Split memiliki bagian outdoor mempunyai sejumlah komponen utama yang membuatnya bisa berperforma baik, dan di bawah ini merupakan komponen yang dimaksud:

  • Kondensor

Saat bagian indoor AC Split atau evaporator dilewati oleh bagian refrigant saat keluar, udara panas ruangan yang terbawa akan terjadi pelepasan dan pelepasan udara panas ini terjadi di bagian kondensor. Kondensor agak mirip dengan evaporator karena terbuat dari pupa tembaga yang pembuatannya berkelok-kelok dengan sirip-sirip yang melengkapinya agar kalor udara bisa dilepaskan dan berjalan secara efektif. Selain itu, pelepasan udara yang dibawa oleh refrigant pun bisa lebih cepat prosesnya dengan membuangnya ke luar ruangan.

  • Refrigant/Bahan Pendingin/Freon

Refrigant pada AC Split adalah sebuah bahan atau juga bisa dianggap sebagai zat yang akan terus bersirkulasi melalui komponen utama sistem pendingin, yaitu kompresor, dari kompresor ke kondensor lanjut ke pipa kapiler, lalu evaporator dan kembali ke kompresor. Selama tidak ada kebocoran maka refrigant tidak akan berkurang. Perubahan tekanan dan temperatur akan terjadi pada refrigant ketika melalui komponen-komponen utama tersebut. Proses peredaran aliran refrigant ini biasanya disebut juga dengan siklus refrigerasi kompresi uap.

  • Accumulator

Komponen ini ada pada mesin pendingin dengan fungsinya untuk menampung refrigant cair yang bertemperatur rendah secara sementara. Tak hanya refrigant cair, terdapat juga campuran minyak pelumas evaporator yang ditampung oleh komponen ini. Fungsi lainnya adalah sebagai pengatur perdaran aliran bahan refrigant supaya proses masuk dan keluarnya lancar melewati slauran isap kompresor. Bentuk dari refrigant yang masuk ke kompresor dikondisikan agar tetap gas supaya aliran refrigant cair tercegah menuju kompresor. Apabila bentuknya gas, maka proses masuk ke kompresor akan lebih mudah dan bagian dalam kompresor juga tidak akan rusak.

  • Kipas

Kipas atau fan juga melengkapi bagian kondensor AC di mana fungsinya sebagai pembuang udara panas di kondensor. Panas tersebut perlu dibuang ke udara panas.

  • Kompresor

Fungsi kompresor AC Split adalah untuk membuat aliran refrigerant tersirkulasi. Aliran ini akan dipompa dari kompresor ke komponen utama AC Split yang meliputi kondensor, kemudian menuju pipa kapiler, evaporator, lalu perjalanan kembali menuju kompresor. 4 komponen AC dapat secara terus-menerus dilewati oleh refrigant.

  • Katup Ekspansi

Di bagian outdoor AC Split terdapat katup ekspansi yang fungsinya sebagai penyimpan refrigant dan penggunaannya bertujuan untuk menghubungkan outdoor dengan pipa instalasi. Pemakaian katup ekspansi ini juga dilakukan sewaktu proses vacuum dan pengisian refrigant.

  • Pipa Kapiler

Supaya tekanan refrigant dapat turun, itulah yang menjadi tugas dari komponen satu ini dan dengan demikian, bentuk refrigant cair akan diubah menjadi uap saat zat pendingin memasuki evaporator dan meninggalkan pipa kapiler.

  1. Bagian Indoor

Setelah mengetahui komponen outdoor AC Split, masih ada komponen indoor yang perlu diketahui. Inilah daftar komponen indoor beserta kegunaannya pada AC Split.

  • Motor Fan

Komponen ini juga dikenal dengan sebutan motor blower dengan gunanya untuk membuat udara yang ada pada ruangan tersirkulasi dengan baik. Dengan begitu, melalui evaporator ruangan bisa bersirkulasi dan sesudah itu aliran udara bakal mengarah ke ruangan diatur oleh pengatur aluran udara atau yang kita sebut dengan motor swing. Blower-lah yang akan membuat temperatur udara ruangan sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna. Kinerja dari blower akan berhenti saat temperatur sudah mencapai suhu yang diinginkan.

  • Evaporator

Komponen satu ini diketahui terbuat dari pipa tembaga dengan diameter tertentu dan pipa tembaga yang bentuknya berlekuk-lekuk. Dengan desain seperti ini jelas akan lebih hemat tempat dan bahkan penerapan panas dari ruangan akan lebih efektif. Suhu pada evaporator adalah dingin atau rendah dengan kisaran suhu yang hanya sampai 5 derajat Celsius sebab refrigant melewati pipa evaporator yang suhunya juga sangat rendah. Setelah melewati evaporator itulah suhu udara ruangan bisa dibuat menjadi dingin atau rendah.

  • Motor Swing

Bagian indoor AC Split juga memiliki motor swing yang berguna untuk menggerakan swing; swing ini sendiri dimanfaatkan sebagai pengendali aluran udara yang blower produksi. Pembuatan AC Split baru-baru ini diketahui memiliki swing naik-turun dan ada juga yang didesain dengan swing kanan-kiri serta naik-turun.

  • Thermistor atau Sensor Suhu

Bagian indoor juga memiliki thermistor yang gunanya adalah sebagai pengukur suhu hasil kerja mesin pendingin di mana kerja mesin pendingin akan diputus apabila suhu yang sudah diatur pada remote control sudah didapat.

  • Modul Indoor

Ada juga komponen modul yang fungsinya adalah untuk mengendalikan performa mesin pendingin secara menyeluruh, seperti kinerja fan outdoor, kompresor, motor swing, motor blower, dan juga segala fitur yang terdapat pada AC Split.

  • Saringan/Filter

Komponen filter udara atau saringan juga terletak di bagian indoor di mana fungsinya adalah sebagai penyaring udara yang melalui evaporator sehingga sirkulasi udara terjaga selalu kebersihannya. AC Split model yang baru juga kebanyakan sudah didesain dengan filter anti-bakteri serta anti-racun. Dengan fitur tersebut, bibit penyakit apapun dapat ditangkal dan pengguna ruangan jelas akan lebih nyaman dan tidak perlu khawatir terkena polutan berbahaya yang dibawa oleh udara ruangan.

Jenis AC Split

AC Split datang dengan berbagai pilihan jenis yang bisa dipilih dan dipakai dengan menyesuaikan pada kebutuhan Anda. Berikut ini adalah jenis AC Split yang bisa dipertimbangkan sebelum benar-benar membeli.

1. AC Split Jenis Biasa atau Standar

AC Split yang standar atau biasa tidak akan membantu Anda menghemat listrik karena watt besar dibutuhkan ketika memasang jenis AC ini di mana udara ruangan juga akan menjadi lebih cepat dingin. Sebenarnya AC jenis ini bisa juga dijaga pemakaiannya agar tidak boros, namun otomatis unit outdoor-nya sebaiknya tidaklah sering dimatikan dan dinyalakan secara terus-menerus. Pada kasus jenis AC biasa, ketika pengguna telah mencapai suhu yang diinginkan, maka unit oudtoor akan mati supaya listrik bisa lebih hemat. Justru keborosan terjadi ketika unit outdoor harus menyala dan mati terlalu sering.

Kelebihan Jenis AC Split Biasa

Jika Anda tertarik untuk membeli AC Split biasa, inilah keunggulan yang ditawarkan oleh AC Split:

  • Harga lebih terjangkau.
  • Biaya freon tidak terlalu mahal dan bahkan lebih murah dibandingkan dengan jenis inverter.
  • Biaya perawatan tidak mahal.

Kekurangan Jenis AC Split Biasa

Satu-satunya kekurangan yang menonjol dari AC Split jenis standar atau biasa ini adalah listrik yang betul-betul boros. Seperti yang disebutkan sebelumnya, terlalu sering mati dan menyala akan membuat penggunaan listrik jauh lebih besar.

2. Ac Split Inverter

Teknik pengaturan frekuensi listrik adalah yang dimanfaatkan oleh jenis inverter untuk mengendalikan cooling power output yang diinginkan oleh penggunanya. Kecepatan pada kompresor biasanya dipengaruhi oleh frekuensi listrik di mana prinsipnya adalah adanya perubahan dari arus listrik AC dari PLN menjadi DC yang kemudian ditransformasi kembali menjadi AC dengan frekuensi yang pengaturannya dilakukan oleh sensor suhu secara otomatis. Apabila sudah bersuhu dingin, listrik akan diatur agar putaran kompresor melambat dan otomatis listrik bisa lebih dihemat melalui bagian ujung-ujungnya.

Kelebihan Jenis AC Split Inverter

Ada sejumlah kelebihan dari AC Split inverter yang kiranya dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan membeli.

  • Kestabilan suhu terjaga dengan baik.
  • Angkatan listrik akan dimulai dari nol atau dari awal tidak akan terlalu besar.
  • Watt akan naik secara pelan-pelan.
  • Penggunaan terbaik pada ruangan yang benar-benar tertutup.
  • Hemat listrik.

Kekurangan Jenis AC Split Inverter

Tidak hanya kelebihan saja yang Anda bisa temukan pada jenis inverter karena ada sejumlah kekurangan yang juga penting untuk diketahui sebelum membelinya.

  • Lebih mahal utuk freon dan spare parts-nya.
  • Sulit menemukan teknisi AC yang memahami jenis AC satu ini.
  • Tanpa adanya proses idle, maka komponen AC jenis ini bakal lebih mudah rusak.
  • Untuk ruangan terbuka dan besar justru akan lebih boros listrik.

3. AC Split Low Watt

Jenis AC ini memang sepintas terkesan tidak akan boros listrik karena memang desain jenis ini dibuat dengan tujuan agar daya listrik tidak begitu banyak yang dikeluarkan dan rumah dengan daya listrik kecil bisa memanfaatkan AC. Dibandingkan dengan jenis biasa, AC low-watt memang lebih hemat listrik, namun perlu diketahui pula bahwa suplai daya dikurangi agar penghematan listrik tersebut dapat terwujud.

Kelebihan Jenis AC Low Watt

Keunggulan satu-satunya yang bisa dipertimbangkan dari jenis AC Split ini adalah sisi low watt-nya di mana memang listrik akan lebih hemat daripada menggunakan AC standar. Rumah dengan daya listrik kecil mampu memasang AC apabila AC yang dipilih adalah jenis low watt.

Kekurangan Jenis AC Low Watt

Ada beberapa kekurangan dari AC jenis low watt yang juga perlu dipikirkan apabila berencana untuk memilih jenis AC Split ini.

  • Harga terbilang lebih mahal dari jenis standar.
  • Proses dingin lebih lama dari AC standar karena suplai daya yang dikurangi agar hemat listrik.

4. AC Split Hybrid

Untuk AC jenis hybrid, PK-nya bisa ditentukan oleh penggunanya. 1 PK setara dengan kurang lebih 750 watt. Dengan AC jenis ini, pengguna bisa menyetelnya baik itu ¾ atau bahkan ½ PK dalam pemakaian AC Split.

Merk AC Split

AC Split ditawarkan oleh berbagai merk, mulai dari yang super legendaris hingga merk-merk anyar yang juga tak kalah berkualitas. Berikut adalah daftar merk AC Split yang bisa dipertimbangkan jika ingin membeli.

  • Daikin
  • LG
  • Samsung
  • Sharp
  • Polytron
  • Mitsubishi
  • TCL

Kelebihan AC Split

Dibandingkan AC Window, sepertinya banyak orang mulai tertarik dengan AC Split. Berikut ini adalah sejumlah kelebihan AC Split yang tentunya dapat membantu Anda membuat keputusan sebelum membeli.

  • Tidak perlu menjebol dinding karena AC Split bermodel terpisah sehingga tidak usah merenovasi ruangan.
  • Tidak berisik alias polusi suara sangat minim.
  • Mudah mengatur tingkat dinginnya udara.
  • AC Split rata-rata sudah berfiturkan filter sehingga udara yang dikeluarkan dijamin lebih bersih dan bahkan bebas partikel debu serta bakteri.
  • Kualitas udara dijamin terjaga baik apalagi jika dirawat sempurna.
  • Meredam bau yang tidak sedap di dalam ruangan.

Kekurangan AC Split

Memiliki kelebihan bukan berarti AC Split tak mempunyai kelemahan sama sekali. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang juga bisa memengaruhi keputusan Anda dalam memilih AC Split.

  • Harga terbilang cukup tinggi, meliputi budget pemasangan AC atau ketika Anda butuh untuk membongkarnya.
  • Biaya perawatan sudah jelas tinggi sebab teknisi yang diperlukan haruslah yang profesional dan dapat diandalkan.
  • Dampak terhadap lingkungan kurang baik alias tidak ramah lingkungan, terutama bila kurang terawat.
  • Anggaran listrik dapat membengkak.

Tips Memilih AC Split

Ketika akan membeli sebuah barang, apalagi alat elektronik, tentu tidaklah sembarangan. Hal ini juga berlaku saat Anda tertarik untuk memiliki sebuah AC Split. Ada hal-hal penting yang bisa dipertimbangkan dalam proses memilih sebuah AC Split, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengerti segala jenis AC Split yang ditawarkan di pasaran. Tak hanya mengerti jenisnya, tapi juga setiap kelebihan maupun kekurangan dari setiap jenis sehingga Anda makin mantap dengan apa yang Anda butuhkan. Banyak merk pendingin ruangan yang menawarkan berbagai jenis serta fitur sehingga pembeli wajib untuk menjadi cermat saat berbelanja AC Split.
  2. Perhatikan fungsi keseluruhan jenis AC Split yang akan Anda beli. Pada dasarnya, AC menawarkan fungsi menghadirkan udara dingin dan kebutuhan banyak orang adalah mendinginkan ruangan secepatnya. Ceklah bagian evaporator AC yang biasanya ada di samping AC karena kemampuan AC dalam membuat ruangan dingin lebih cepat ditentukan oleh seberapa besar ukuran evaporator.
  3. Perhatikan bagian kipas pendingin AC Split di mana semakin besar ukurannya, semakin kencang pula angin yang dihembuskan. Perhatikan juga suara yang dihasilkan oleh kipas pendingin, jika berisik maka tentu AC yang Anda cek bukanlah AC yang bagus. Makin lebar dan besar kipas pendingin, maka suara yang ditimbulkan akan semakin pelan.
  4. Perhatikan dan pertimbangkan fitur-fitur tambahan yang ada pada AC Split dan lihat apakah fitur tersebut benar-benar ramah lingkungan atau tidak. AC Split yang baik akan menawarkan fitur tambahan anti-virus dan anti-kuman. Ada juga yang didesain dengan penyaring bau tak sedang serta penyaring debu.

Tips Menggunakan AC Split agar Awet

Dalam menggunakan AC Split, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan ketika Anda ingin memakainya dalam jangka waktu lama. Poin-poin berikut ini akan membantu supaya penggunaan AC Split lebih awet dan juga tidak boros listrik.

  1. Setiap kali mematikan AC, entah karena tidak sengaja atau karena listrik mati, jangan menyalakannya langsung setelah mati. Tunggu supaya gas freon dan oli kompresor bisa istirahat paling tidak 1 menit. Dengan begitu, kompresor akan panjang umur juga.
  2. Dalam pengaturan suhu, jangan coba membuat suhu remote 16 derajat dengan kecepatan fan maksimum karena ini adalah kesalahan yang amat besar. AC bukan Air Cooler melainkan Air Conditioner di mana suhu remote bisa diatur pada 24 dengan fan speed 2 atau 1 pasti dingin yang diberikan sudah lebih dari cukup.
  3. Pastikan perawatan AC dilakukan secara rutin, entah itu dicuci atau dibawa ke tukang servis dan paling teratur adalah 3 bulan sekali. AC yang dalam keadaan kotor pada bagian kipas, evaporator, dan filter akan otomatis memerlukan energi lebih banyak untuk memberikan pendinginan ideal.
  4. Hindari melakukan buka dan tutup pintu ruangan ber-AC dan juga jangan membiarkan pintu dalam keadaan terbuka. Hal ini dikarenakan setiap Anda membiarkan pintu bersituasi terbuka, maka angin dingin dari AC bakal langsung ke luar ruangan dan pada saat itu AC bakal berupaya agar suhu dapat turun di dalam ruangan. Imbasnya terkena pada kompresor yang bekerja secara terus-menerus untuk membuat suhu ruangan terus terjaga supaya sama dengan suhu yang ada pada remote.
  5. Pastikan bahwa PK AC sudah memenuhi kebutuhan ruangan yang Anda berikan AC.

Menampilkan Produk 10 of 222

View

harga Sanken EC-09R4 Air Conditioner – Putih

Sanken EC-09R4 Air Conditioner Menghasilkan udara yang dingin,sejuk dan juga nyaman untuk dihirup,membuat ruangan Anda menjadi lebih fresh,Memiliki teknologi pendingin yang lebih cepat merata ke seluruh ruangan,dan juga dapat membunuh bakteri dan memberishkan debu yang ada di Udara.AC ini juga memiliki freon yang ramah dengan lingkungan. Spec : AC yang Sejuk, Sehat, dan Hemat Pilihan...View more

from Rp47,990.00

2 retailers

Harga Panasonic CS-PN07RKJ – 3/4 PK – AC Split Standard R-32

Panasonic CS-PN07RKJ Mudah digunakan,dapat membersihkan dan membunuh bakteri yang ada di udara,membuat udara menjadi segar dan nyaman. membuat keluarga Anda dan Anda menjadi Senang.AC ini juga hemat energi Spec : AC split Kapasitas pendinginan : 3/4 PK Memiliki fitur Eco Smart yang dapat membasmi kuman dan hemat energi Daya : 595 wattView more

from Rp280,000.00

3 retailers

Harga Sharp AC AH-XP10SHY

Sharp AC AH-XP10SHY Mudah digunakan,dan juga dapat membersihkan dan membunuh bakteri yang ada di udara,membuat udara menjadi segar dan nyaman dan juga produk ini hemat energi.dan memiliki beberapa fitur menarik lainnya. Spec : 1 Pk Plasmacluster High Density 7000 Eco Mode 15 Step Precise Cooling Control  View more

from Rp499,500.00

6 retailers

Harga Sanyo Aqua – SAP KC205FG6 – Putih

Sanyo Aqua – SAP KC205FG6 AC ini cocok untuk diletakan dimana saja seperti ruang tamu,ruang makan dan kamar tidur.memiliki remote yang mudah digunakan dan perawatannya sangat mudah,menghasilkan udara yang dingin,dan juga sejuk bagi Anda dan Keluarga Anda.dan juga AC ini ramah lingkungan. Spec : Power consumption: 547 watt Capacity cooling: 5323 BTU/h Air circulation: 430m2/h...View more

from Rp1,500,000.00

4 retailers

Harga Haier AC Split HSU-05GTR03 1/2 PK Standard R410a – Putih

Haier AC Split HSU-05GTR03 1/2 PK Standard R410a Menghasilkan udara yang dingin,sejuk dan juga nyaman untuk dihirup,membuat ruangan Anda menjadi lebih fresh,AC ini juga memiliki freon yang ramah dengan lingkungan.AC ini juga hemat energi dan mudah digunakan. Spec : 1/2 PK Freon R410 . 450 Watt Standard Tahan LamaView more

from Rp2,050,000.00

9 retailers

Harga Changhong AC Split CSC05JR 1/2 PK Double Gold Fin – Putih

Changhong AC Split CSC05JR Menghasilkan udara yang dingin,sejuk dan juga nyaman untuk dihirup,membuat ruangan Anda menjadi lebih fresh,AC ini juga memiliki freon yang ramah dengan lingkungan,AC ini juga hemat energi. Spec : Horse Power 1/2 PK Konsumsi Listrik 530 Watt  View more

from Rp2,115,000.00

3 retailers

Harga AUX AC Split – ASW 05 SUER 0.5 PK Standard R-410 – Putih

AUX AC Split Memiliki desaign yang menari dan minimalis,memiliki teknologi pendingin yang lebih cepat merata ke seluruh ruangan,dan juga dapat membunuh bakteri dan memberishkan debu yang ada di Udara. Spec :   Freon R-410a 0.5 PK  View more

Rp2,149,000.00

1 retailer

Harga Haier AC Split HSU-07GTR03 3/4 PK Standard R410a – Putih

Haier AC Split HSU-07GTR03 Menghasilkan udara yang dingin,sejuk dan juga nyaman untuk dihirup,membuat ruangan Anda menjadi lebih fresh,AC ini juga memiliki freon yang ramah dengan lingkungan.Produk ini hemat energi dan juga perawatannya cukup mudah. Spec : 3/4 PK Standard Freon R-410a 725 Watt  View more

from Rp2,165,000.00

7 retailers

Harga Haier AC Split HSU-09GTR03 1 PK Standard R410a – Putih

Haier AC Split HSU-09GTR03 dapat menghasilkan dingin yang lebih cepat dan merata ke seluruh ruangan,meberikan udara yang sejuk,dingin dan juga nyaman,produk ini mudah digunakan dan perawatannya sangat mudah.AC ini juga memiliki freon yang ramah dengan lingkungan. Spec : 1 PK 850 Watt 9000 btu/h Freon R-410a  View more

from Rp2,250,000.00

7 retailers

Harga Changhong AC Split CSC05QB 1/2 PK Deluxe Double Gold Fin – Putih

Changhong AC Split CSC05QB Mudah digunakan,dan juga dapat membersihkan dan membunuh bakteri yang ada di udara,membuat udara menjadi segar dan nyaman dan juga produk ini hemat energi.Cocok untuk diletakan di mana saja seperti ruang tamu,makan dan kamar tidur. Spec : Horse Power 1/2 PK Konsumsi Listrik 480 Watt  View more

from Rp2,265,000.00

4 retailers
1 2 3 23